Monday, January 19, 2015

Tulislah Hal yang Kamu Anggap Sepele!

Menemukan ide tulisan menjadi kesulitan pertama yang sering dialami seseorang. Setidaknya itulah kesimpulan saya setelah mengisi sekian banyak kelas menulis. Padahal, bagaimana kita akan menulis bila ide apa yang akan ditulis saja tidak punya?


Tapi begitulah kenyataannya. Kesulitan menemukan ide menulis bisa jadi indikator atas dua hal: kurang membaca dan jalan-jalan. Kenapa membaca penting? Karena dengan membaca akan mengajak kita mengenal dunia yang lain. Kenapa harus jalan-jalan? Agar kita bisa bertemu banyak orang dan belajar kehidupan pada mereka.

Lalu, apa harus berhenti menulis sampai kamu menghabiskan banyak buku dan jalan ke banyak tempat terlebih dahulu? Tentu saja tidak. Saya akhirnya memberi solusi: tulislah hal-hal kecil di sekitarmu yang sering dianggap sepele. Karena menulis itu tak selalu berkisah tentang sesuatu yang besar, berat dan serius.

Jalan-jalan yang saya maksut tentunya tidak harus berkeliling Indonesia. Jalan-jalan bisa dimulai dari lingkungan terdekat seperti sekitar rumahmu, kampungmu atau kota kecamatanmu. Asah kepekaanmu untuk melihat sesuatu yang unik untuk ditulis.

Sederhananya begini. Pernahkah kamu memperhatikan tempat sampah di sudut rumahmu? Berpikirlah, kira-kira berapa sampah yang dihasilkan keluargamu dalam sehari?  Sampahnya lebih banyak plastik atau sampah organik? Kalau dihitung dalam satu bulan, kira-kira berapa banyak sampah yang dihasilkan satu keluarga? Kemana sampah-sampah itu dibuang? Siapa yang membuang? Dan pertanyaan-pertanyaan lain yang sangat bisa dikembangkan. Nah, dari tempat sampah yang semula kita anggap sepele ini saja bisa menjadi tulisan yang menarik.

Masakan bisa menjadi ide tulisan. Cobalah tulis setiap masakan yang kamu atau ibumu buat saban harinya. Ini mungkin memang sepele. Tapi coba tengok di setiap toko buku. Saya sering melongo karena banyak sekali buku resep makanan yang penulisnya adalah ibu rumah tangga. Atau jika kamu berhijab, tulis saja tutorial hijab hasil kreasimu. Saat ini, buku-buku tutorial hijab juga cukup laris-manis di pasaran.

Kamu juga bisa menulis tentang tanaman di depan rumahmu. Atau bercerita tentang tetanggamu yang hidup sebatang kara. Atau tentang sejarah kampungmu beserta budaya di dalamnya. Ternyata sesimpel itu, kan?

Ya, pada intinya, setiap hal bisa menjadi ide tulisan.  


Selamat menulis!


Sumber foto: kupasbuku.com